Rabu, 20 Januari 2010

PROFILE MA RIYADLUL ULUM BANGIL

PROFIL MADRASAH ALIYAH RIYADLUL ULUM

TAHUN PELAJARAN 2009 – 2010

I. IDENTITAS MADRASAH

Nama Madrasah : MA. Riyadlul Ulum

Nomor Data Madrasah : 312. 351.415.175

Alamat Madrasah : Jl. Salak 405 Kidul Dalem Bangil

Telp. (0343) 744463

Kelurahan : Kidul Dalem

Kecamatan : Bangil

Kabupaten : Pasuruan

Provinsi : Jawa Timur

Kode Pos : 67153

Tahun Berdiri : 1985

Waktu Belajar : Pagi Hari

II. IDENTITAS KEPALA MADRASAH

Nama : Dr. JUMHAN, M.PdI

Jabatan : Kepala MA. Riyadlul Ulum

Tempat / Tanggal Lahir : 17 Agustus 1959

Pendidikan Terakhir : D2 (Diploma)

Jurusan : PAI

III. LATAR BELAKANG BERDIRINYA MADRASAH

Madrasah Aliyah Riyadlul Ulum didirikan untuk memenuhi tuntutan dan perkembangan masyarakat, MA. Riyadlul Ulum Bangil teleah dikembangkan dengan sistem pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

MA. Riyadlul Ulum merupakan Madrasah yang pertama kali didirikan di Bangil, itulah sebabnya banyaknya alumni yang sukses, dan merupakan sekolah yang berciri khas Agama Islam dan memiliki lambang kekuatan pada sekolah kami hingga saat ini.

Lambang dari MA.Riyadlul Ulum, Arti warna, Arti lambang, Makna lambang

1. Warna lambang

a. Warna Dasar : Hijau

b. Garis lentur berbintang lapan dan tiga garis lapis : Hitam

c. Toplis : Putih

d. Bulu angsa : Hitam

2. Arti lambang

a. Hijau : Melambangkan kesuburan, kesegaran jiwa dan kedamaian

b. Hitam : Melambangkan ketegasan didasari kedisiplinan

c. Putih : Melambangkan kesucian

d. Kuning Emas : Melambangkan kesenangan sumua umat

3. Makna Lambang

a. Garis lentur berbintang lapan bermakna satu kekuatan yang yang berdasarkan ahli sunnah waljama’ah.

- Empat bintang bermakna 4 sahabat Khulafaurrosyidin, Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali

- Empat bintang lainnya bermakna Madzhibul abaah, Hanafi, Maliki, Syafi’I dan Hambali

- Tagi garis lapis bermakna ketaqwaan, keimanan, kekompakan.

b. Toplis bermakna wadah atau tempat menuntut ilmu

c. Masjid dan kitab terbukaa serta bulu angsa bermakna kejayaan umat islam orientasi misi MA. Riyadlul Ulum serta upaya keberhasilan MA. Riyadlul Ulum didalam menjalankan misinya dibidang Ilmu pengetahuan, keagamaan, dibidang IMTAQ dan IPTEK didasari kejujuran dan keikhlasan .

Inilah makna lambang MA. Riyadlul Ulum yang telah dirintis dan didirakn oleh Al Maghfurlah KH.Syakur dan para muridnya : Ust Jalal Suyuti, Almarhum KH. Anwar Siroj dan para pendukung lainnya.

IV. VISI, MISI, DAN TUJUAN

A. VISI

Membentuk manusia yang intelektual dan berakhlakul karimah

B. MISI

Meningkatkan mutu siswa dalam segala keahlian, baik agama maupun umum (Imtaq dan Imtek

C. Tujuan :

Setelah siswa –siswi masuk sampai dengan siswa lulus dari MA. Riyadlul Ulum diharapkan :

1. Dapat menunjukkan perubahan akhlaq yang riil dalam masyarakat yang lebih baik dari sebelumnya

2. Mampu bersaing dalam dunia kerja akademis

3. Mampu membaca Al – qur’an dengan baik dan memahami arti Al –Qur’an dalam suratsurat pendek

4. Selalu tanggap dalam membaca situasi di era globalisasi

V. KONDISI OBYEKTIF MADRASAH

* Lokasi dan areal Madrasah

MA. Riyadlul Ulum terletak di Jantung kota Bangil, Jl. Salak 405 Kidul dalem . di bangun diatas tanah dengan ukuran 1300 m 2 dengan status tanah waqaf / hak paki. Luas bangunan 584 m 2.

** Jumlah dan kondisi ruang

NO

JENIS

RUANG

JUMLAH

RUANG

LUAS

(M 2 )

KEADAAN RUANG

KET

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

Belajar

Kepala Madrasah

Guru

Mushollah

Kamar kecil Guru

Kamar kecil Siswa

Osis

Perpustakaan

UKS

Lab KOmputer

3

1

1

1

1

2

1

1

1

1

252 M2

25 M2

12 M2

20 M2

6 M2

6 M2

6 M2

42 M2

6 M2

42 M2

BAIK

BAIK

BAIK

BAIK

BAIK

BAIK

BAIK

BAIK

BAIK

BAIK


JUMLAH

12




PROGRAM PENGAJARAN

TAHUN PELAJARAN 2009 – 2010

I. KEGIATAN HARIAN

a. Memeriksa Daftar hadir guru, Tenaga Teknis pendidikan dan tenaga Tata Usaha

b. Mengatur dan memeriksa kegiatan 7 K di sekolah

c. Memeriksa program pengajaran dan persiapan lainnya yang menunjang proses belajar mengajar (KBM)

d. Menyelesaikan suratsurat, angka kredit guru, menerima tamu, dan menyelenggarakan pekerjaan kantor lainnya.

e. Mengatasi hambatan –hambatan terhadap berlangsungnya proses belajar mengajar.

f. Mengatasi kasus yang terjadi

g. Memerikasa segala sesuatu menjelang sekolah usai

h. Melaksanakan supervisi kegiatan belajar mengajar (KBM)

II. KEGIATAN MINGGUAN

a. Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan hari – hari besar

b. Melaksanakan senam kesegaran jasmani

c. Memeriksa agenda dan menyelesaikan surat menyurat

d. Mengadakan rapat mingguan untuk menjadi bahan rencana kegiatan mingguan

e. Memeriksa keuangan sekolah

f. Mengatur penyediaan keperluan perlengkapan kantor / sekolah.

III. KEGIATAN BULANAN

A. Pada awal bulan dilakukan kegiatan rutin antara lain :

1. Melaksanakan kegiatan penyelesaian kegiatan setoran SPP, Gaji Guru/ Pegawai, Laporan Bulanan, Rencana perlengkapan kantor / sekolah dan rencana bulanan.

2. Melaksanakan pemeriksaan umum terhadap, antara lain :

- Buku kelas dan daftar Hadir Guru, Pegawai Tata Usaha

- Kumpulan bahan evaluasi berikut analisisnya

- Kumpulan program pengajaran

- Diagram daya serap siswa

- Diagram pencampaian kurikulum

- Program perbaikan dan pengayaan

- Buku catatan pelaksanaan BK

3. Memberi petunjuk kepada guru – guru tentang siswa yang perlu di perhatikan kasus yang perlu diketehui dalam rangga pembinaan kegiatan siswa

B. Pada akhir bulan dilakukan kegiatan :

1. Penutup buku

2. Pertanggung jawaban keuangan

3. Evaluasi terhadap persediaan dan penggunaan alat sekolah

4. Mutasi siswa Klapper

IV. KEGIATAN SEMESTER

a. Menyelenggarakan perbaikan alat – alat sekolah yang diperlukan

b. Menyelnggarakan pengisian buku induk siswa

c. Menyelenggarakan Evaluasi persiapan pelaksanaan Ulangan Umum Semester

d. Menyelenggarakan Evaluasi kegiatan BK, OSIS, UKS dan Ekstrakulikurel

e. Menyelenggarakan kegiatan akhir Semester

1. Daftar kelas

2. Kumpulan nilai (leger)

3. Catatan tentang siswa yang perlu mendapat perhatian khusus

4. Pengisian buku nilai semester

5. Pembagian buku laporan penilaian hsil belajar

6. Pemanggilan orang tua siswa sejauh diperlukan untuk berkonsultasi

V. KEGIATAN AKHIR TAHUN PELAJARAN

a. Menyelenggarakan penutupan buku inventaris dan keuangan

b. Menyelenggarakan Ulangan Umum dan Ujian akhir

c. Kegiatan kenaikazn kelas dan kelulusan

1. persiapan daftar kumpulan nilai (Leger)

2. Penyiapan untuk rapat guru

3. Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar

4. pemilihan program

d. Menyelenggarakan evaluasi pelaksanaan program sekolah tahun pelajaran yang bersangkutan dan menyusun program sekolah untuk tahun pelajaran yang akan datang

e. Menyelenggarakan penuyusunan rencana keuangan tahun yang akan satang (RAPBS)

f. Menyelenggarakan penyusunan rencana perbaikan dan pemeliharaan sekolah dan alat bantu pendidikan

g. Menyelenggarakan pembuatan laporan akhir tahun pelajaran

h. Melaksanakan kegiatan penerimaan siswa baru yang meluputi kegiatan :

1. Pembentukan panitia penerimaan dan pendaftaran

2. Menyusun syarat –syarat penerimaan dan pendaftaran

3. Menyiapkan formulir dan pengumuman dan penerimaan siswa baru

4. Pengumuman siswa yang diterima dan daftar ulang

IV. KEGIATAN AWAL TAHUN PELAJARAN

a. Merencanakan kebutuhan guu setiap mata pelajaran

b. Pembagian tugas mengajar

c. Menyusun program pengajaran, jadwal pelajaran dan kalender pendidikan

d. Menyusun kebutuhan buku pelajaran, buku pegangan guru

e. Menyusun kelengkapan alat pelajaran dan bahan pelajaran

f. Mengadakan rapat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar